TATA CARA WUDHU



 (فصل)



 وفروض الوضوء ستة أشياء النية عند غسل الوجه وغسل الوجه وغسل اليدين إلى المرفقين ومسح بعض الرأس وغسل الرجلين إلى الكعبين والترتيب على ما ذكرناه.

(فصل) وسننه عشرة أشياء التسمية وغسل الكفين قبل إدخالهما الإناء والمضمضة والاستنشاق ومسح جميع الرأس ومسح الأذنين ظاهرهما وباطنهما بماء جديد وتخليل اللحية الكثة وتخليل أصابع اليدين والرجلين وتقديم اليمنى على اليسرى والطهارة ثلاثا ثلاثا والمولاة.

Artinya: Artinya: Rukun atau fardhu-nya wudhu ada 6 (enam) yaitu:
1. Niat saat membasuh muka.[1]
2. Membasuh muka.
3. Membasuh kedua tangan sampai siku.
4. Mengusap sebagian kepala.[2]
5. Membasuh kedua kaki sampai mata kaki.
6. Dilakukan secara tertib dari no. 1 sampai 5.

CATATAN:

[1] Niat wudhu adalah: نويت الوضوء لرفع الحدث الأصغر فرضا للو تعالي
Artinya: Saya niat wudhu untuk menghilangkan hadats kecil karena Allah Ta'ala.
[2] Beda mengusap dan membasuh adalah kalau mengusap cukup dilakukan dengan sekedar membasahi dengan sedikit air. SEdang membasuh memakai air yang dapat mengaliri seluruh anggota badan yang wajib dibasuh.



SUNNAH-NYA WUDHU

Artinya: Sunnahnya wudhu ada 10 (sepuluh): 

1. membaca bismillah, 
2. membasuh kedua telapak tangan sebelum memasukkan ke wadah air, 
3. berkumur, 
4 menghirup air ke hidup, 
5. mengusap seluruh kepala, 
6. mengusap kedua telinga luar dalam dengan air baru, 
7. menyisir jenggot tebal dengan jari, 
8. membasuh sela-sela jari tangan dan kaki, 
9. mendahulukan bagian kanan dari kiri, 
10. menyucikan masing-masing 3 (tiga) kali, bersegera.

 












 
ADAB WUDLU

1. Do’a Sebelum Wudlu

بسم الله الرحمن الرحيم، رب أعوذ بك من همزات الشياطين وأعوذ بك رب بأن يحضرون
“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, Yaa Tuhanku aku berlindung kepada-Mu dari godaan syetan dan aku berlindung kepada-Mu dari kedatangannya.”

2. Do’a ketika membasuh pergelangan tangan

اللهم إني أسألك اليمن والبركة، وأعوذ بك من الشؤم والهلكة

“Yaa Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keberuntungan dan keberkahan, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan dan kerusakan.”

3. Do’a ketika berkumur-kumur

اللهم أعني على تلاوة كتابك وكثرة الذكر لك، وثبتني بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الآخرة

“Yaa Allah tolonglah aku untuk membaca kitab-Mu dan memperbanyak dzikir kepada-Mu dan tetapkanlah diriku dengan ucapan yang tetap di kehidupan dunia dan akhirat.”

4. Do’a ketika memasukan air kedalam hidung

اللهم أرحني رائحة الجنة وأنت عني راض

“Yaa Allah semoga engkau menciumkan aku wewangian syurga dan engkau ridha padaku.”

5. Do’a ketika mengeluarkan air dari hidung

اللهم إني أعوذ بك من روائح النار وسوء الدار

“Yaa Allah aku berlindung kepada-Mu dari baunya neraka dan keburukan rumah.”

6. Do’a ketika membasuh muka

اللهم بيض وجهي بنورك يوم تبيض وجوه أوليائك، ولا تسود وجهي بكلماتك يوم تسود وجوه أعدائك

“Yaa Allah putihkanlah wajahku dgn cahaya-Mu dihari putihnya wajah-wajah para wali-Mu, dan janganlah Engkau hitamkan wajahku dengan kalam-Mu dihari hitamnya wajah-wajah musuh-Mu.”

7. Do’a ketika membasuh tangan kanan

أعطني كتابي بيميني، وحاسبني حسابا يسيرا

“Semoga Engkau berian kitabku dengan tangan kananku dan hisablah (penghitungan amal-amal) diriku dengan hisab yang ringan.”

8. Do’a ketika membasuh tangan kiri

اللهم إني أعوذ بك أن تعطيني كتابي بشمالي أو من وراء ظهري

“Yaa Allah aku berlindung kepada-Mu dari pemberian-Mu terhadap kitabku dengan tangan kiriku atau dari belakang punggungku.”
9. Do’a ketika mengusap kepala

اللهم غشني برحمتك، وأنزل على من بركاتك، وأظلني تحت ظل عرشك يوم لا ظل إلا ظلك، اللهم حرم شعري وبشرى على النار

“Yaa Allah selubungilah aku dengan rahmat-Mu , dan turunkanlah berkah-Mu kepadaku, dan naungilah aku dibawah naungan-Mu dihari yang tiada naungan kecuali naungan-Mu, Yaa Allah halangilah rambut dan kulitku dari api neraka.”

10. Do’a ketika kedua telinga

اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه، اللهم أسمعني منادى الجنة في الجنة مع الأبرار

“Yaa Allah semoga Engkau menjadikan aku termasuk dari orang-orang yang mendengarkan ucapan kemudian mengikuti yang terbaik dari ucapan tersebut, Yaa Allah perdengarkanlah aku panggilan surga disurga nanti bersama para abrar.”

11. Do’a ketika membasuh kaki kanan

اللهم ثبت قدمي على الصراط المستقيم مع أقدام عبادك الصالحين

“Yaa Allah tetapkanlah kedua telapak kakiku di atas shirathal mustaqim (jembatan yg lurus) bersama telapak-telapak kakinya hamba-hamba-Mu yang shalih-shalih.”

12. Do’a ketika membasuh kaki kiri

اللهم إني أعوذ بك آن تزول قدمي على الصراط في النار يوم تزل أقدام المنافقين والمشركين

“Yaa Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari terpelesetnya kedua telapak kakiku dari shirat di neraka dihari terpelesetnya telapak-telapak kakinya orang-orang munafiq dan orang-orang musyrik.”

13. Do’a ketika selesai Wudlu

اشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمد عبده ورسوله، سبحانك اللهم وبحمدك، أشهد أن لا إله إلا أنت، أنت التواب الرحيم، اللهم اجعلني من التوابين؛ واجعلني من المتطهرين، واجعلني من عبادك الصالحين واجعلني صبورا، شكورا، واجعلني أذكرك ذكرا كثيرا، وأسبحك بكرة وأصيلا.

“Aku bersaksi bahwa sesungguhnya tiada Tuhan selain Allah yang Esa dan tiada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan jg utusan-Mu, Maha Suci Engkau Yaa Allah dan pujian bagi-Mu, aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Engkau , Engkau Maha Menerima taubat dan Maha Asih, Yaa Allah jadikanlah aku termasuk sebagian dari orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang bersuci dan jadikanlah aku sebagian dari orang-orang yang shalih, jadikanlah aku orang yang banyak bersabar, banyak bersyukur, jadikanlah aku berdzikir kepada-Mu dengan dzikir yang banyak dan bertasbih kepada-Mu dipagi hari dan sorenya.”


Referensi :

Kitab Bidayatul Hidayah

Related Posts:

3 Responses to "TATA CARA WUDHU"

  1. kok ribet amat pake doa2 bgtuan. mending disimpelin sesuai hadis

    ReplyDelete
  2. kok ribet amat pake doa2 bgtuan. mending disimpelin sesuai hadis

    ReplyDelete
  3. itu doanya tidak dipakai juga tidak apa2, pak

    ReplyDelete