IJMA' ULAMA; ALLAH ADA TANPA TEMPAT, TANPA ARAH BAGIAN KE-1



Dalil Kesucian Allah Dari Tempat Dan Arah Dari Ijma’ (( 1 ))


Ketahuilah, bahwa semua orang Islamtelah sepakat di atas keyakinan bahwa Allah tidak menyatu pada tempat, tidakdiliputi oleh tempat, tidak bertempat di langit, dan tidak bertempat di arsy,karena Allah ada (tanpa permulaan) sebelum ada arsy, sebelum ada langit,sebelum ada tempat dan arah, dan mustahil bagi Allah berubah dari satu keadaankepada keadaan lain dan dari satu sifat kepada sifat yang lain. Allah ada tanpapermulaan (Azaliy) sebelum ada tempat; maka setelah Allah menciptakantempat ia ada sebagaimana pada sifat-Nya semula yang Azaliy; yaitu adatanpa tempat.




Berikut ini apa yang akan kita sebutkanadalah ketetapan ijma’ seluruh orang Islam dalam keyakinan Allah ada tanpatempat dari semenjak empat belas abad yang lalu hingga sekarang, dari semenjakmasa para sahabat Rasulullah hingga masa kita ini. Ini adalah bukti kuat bahwakeyakinan suci ini telah diajarkan dan telah tertanam dari semanjak dahulu;dari masa Salaf hingga masa Khalaf, dan hingga sekarang.



Ketahuilah, bahwa para ulama ahli hadits,ahli fiqih, ahli tafsir, ahli bahasa, ahli nahwu, ahli ushul, dan seluruh ulamaempat madzhab dari madzhab Syafi’i, madzhab Hanafi, madzhab Maliki dan madzhabHanbali -kecuali mereka yang disesatkan oleh Allah dalam keyakinan tajsîm-,dan para ulama ahli tasawuf sejati; mereka semua berkeyakinan bahwa Allah adatanpa tempat dan tanpa arah. Ini berbeda dengan keyakinan kaum Musyabbihahsesat yang mengatakan bahwa Dzat Allah bertempat di arsy. Na’ûdzu billâh.
﴾﴾ 1 ﴿﴿

Al-Imâm asy-Syaikh Abdul Qahir bin Thahir at Tamimiy al-Baghdadi (w 429 H) menuliskan:
"وأجمعوا ـ أيأهل السنة والجماعة ـ على أنه ـ أي الله ـ لا يحويه مكان ولا يجري عليه زمان"
“Danmereka semua (Ahlussunnah Wal Jama’ah) telah sepakat bahwa Dia (Allah) tidakdiliputi oleh tempat dan waktu tidak berlaku bagi-Nya”[1].

[1] Al Farq Bain al Firaq, h. 333

Related Posts:

1 Response to "IJMA' ULAMA; ALLAH ADA TANPA TEMPAT, TANPA ARAH BAGIAN KE-1"

  1. Salam ..Mohon teks arabnya diberi harkat agar dpat di vaca oleh masyarakat islam yg masih umum yg belum mahir ilmu nahwu sharafnya ..

    ReplyDelete