sejumlah amal (perbuatan) yang dapat menyempurnakan ibadah puasa


Assalamu'alaikum.

Pak Ustadz, wa asatidzh

dalam rangka untuk...
menyempurnakan amal ibadah
puasa saya, maka saya memohon kepada
pak ustadz agar menjelaskan tentang
sejumlah amal (perbuatan) yang dapat
menyempurnakan kualitas ibadah
puasa saya di bulan Ramadhan yang akan
datang sehingga puasa saya lebih
bermakna di sisi Allah SWT dan
sekaligus membawa dampak yang positif
bagi kehidupan saya. Atas penjelasannya
saya sampaikan terima kasih.

 
 
JAWABAN
 

 
Hal-hal yang disunnahkan dalam puasa Ramadhan: 1. Menyegerakan berbuka puasa. 2. Sahur, sekalipun dengan seteguk air. 3. Mengakhirkan sahur, dimulai dari tengah malam. 4. Berbuka dengan kurma. Disunnahkan dengan bilangan ganjil. Bila tak ada kurma, maka air zam-zam. Bila tak ada, cukup dengan air putih. Bila tak ada, dengan apa saja yang berasa manis alami. Bila tak ada juga, berbuka dengan makanan atau minuman yang diberi pemanis. 5. Membaca doa berbuka yaitu: ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﻟَﻚَ ﺻُﻤْﺖُ ﻭَﺑِﻚَ ﺁﻣَﻨْﺖُ ﻭَﻋَﻠﻰَ ﺭِﺯْﻗِﻚَ ﺍَﻓْﻄَﺮْﺕُ ﺫَﻫَﺐَ ﺍﻟﻈَّﻤَﺄُ ﻭَﺍﺑْﺘَﻠَّﺖِ ﺍْﻟﻌُﺮُﻭﻕُ ﻭَﺛَﺒَﺖَ ﺍْﻷَﺟْﺮُ ﺍِﻥْ ﺷَﺎﺀَ ﺍﻟﻠﻪُ .ﺍَﻟْﺤَﻤْﺪُ ِﻟﻠﻪِ ﺍﻟَّﺬِﻱ ﺃَﻋَﺎﻧَﻨِﻲ ﻓَﺼُﻤْﺖُ ﻭَﺭَﺯَﻗَﻨِﻲ ﻓَﺄَﻓْﻄَﺮْﺕُ ﺍَﻟﻠّﻬُﻢَّ ﺍِﻧِّﻲ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺑِﺮَﺣْﻤَﺘِﻚَ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻭَﺳِﻌَﺖْ ﻛُﻞَّ ﺷَﻲْﺀٍ ﺍَﻥْ ﺗَﻐْﻔِﺮَ . ﻟِﻲ 6. Memberi makanan berbuka kepada orang berpuasa. 7. Mandi janabat sebelum terbitnya fajar bagi orang yang junub di malam hari. 8. Mandi setiap malam di bulan Ramadhan 9. Menekuni sholat tarawih dan witir. 10. Memperbanyak bacaan Al Quran dengan berusaha memahami artinya. 11. Memperbanyak amalan sunnah dan amal sholeh. 12. Meninggalkan caci maki. 13. Berusaha makan dari yang halal 14. Bersungguh-sungguh di sepuluh hari terakhir,Lihat Terjemahan

Related Posts:

0 Response to "sejumlah amal (perbuatan) yang dapat menyempurnakan ibadah puasa"

Post a Comment